• 22

    Jun

    Meskipun Tak Sama

    Hampir pukul dua belas siang ketika Sawitri selesai siaran. Lagu ‘Sorry Seems To Be A Hardest Words’ milik Blue masih terdengar mengalun. Sementara Sawitri menyiapkan beberapa iklan untuk jam siar berikutnya. Sebetulnya dia bisa saja cuek. Tapi sudah seperti peraturan tak tertulis, penyiar yang terdahulu akan menyiapkan beberapa iklan untuk penyiar berikutnya. Setelah menyerahkan ’singgasananya’ pada Firman yang bertugas berikutnya, gadis berjilbab itu melangkah keluar dan langsung menuju tempat parkir. Hari itu dia siaran hanya sampai siang dan setelahnya dia berjanji akan menemani ibunya mengunjungi salah satu kerabat yang baru pulang umrah. Tapi belum lagi naik ke atas motor, hapenya berdering. Ada nama Prabowo di sana. Pemuda yang beberapa tahun terakhir ini
  • 18

    Jun

    Tiga Bait Megatruh

    Aku memacu kencang motorku. Ada kabar kurang menyenangkan yang kuterima dari mamanya Ilyas. Kata Tante Fitra, tadi pagi Ilyas pingsan di kelas saat kuliah Manajemen Pedesaan. Kebetulan tadi pagi aku sedang bimbingan skripsi bersama Pak Harjo dan pak Bambang, sekaligus latihan ujian untuk minggu depan. Jadi aku tak tahu ada kejadian di kelas. Sampai di rumah sakit aku segera memarkir motorku dan berlari masuk. Tante Fitra sudah memberi tahu di kamar mana Ilyas dirawat. Katanya sih baru saja dipindahkan ke ruang rawat, setelah hampir seharian ada di ICU. ‘Ini dia. Nakula nomor 206′ Ternyata tak begitu sulit menemukannya. Dari kaca yang ada di pintu kamar, aku bisa melihat Ilyas sedang terlelap. Perlahan aku masuk dan duduk di kursi yang ada di samping ranjangnya. Kuperhatik
  • 15

    Oct

    Dialog Sepi Perempuan Terpasung

    Perempuan itu terjaga. Seperti biasa saat pagi masih dingin menusuk tulang. Saat selimut ada pada fungsi terbaiknya. Namun tak seperti biasanya. Pagi itu dia tidak bermunajat kepadaNya. Hanya diam diatas sehelai tikar alas tidurnya semalam. Duduk mendekap bantal dan memandang lurus ke depan. Entah melihat apa. Dia merasakan kebosanan. Terjaga di jam yang sama, di tempat yang sama, dengan kepala penuh berisi catatan tentang serentetan pekerjaan yang harus dia kerjakan dari pagi hingga tengah malam nanti. Dia lelah. Mengerjakan pekerjaan yang urutannya sudah dia hafal luar kepala. Bangun, masak, menyiapkan anak-anaknya ke sekolah, mengantar, dan seabreg kegiatan yang terus saja silih berganti. Akan lebih mudah jika anak-anak bisa diajak kompromi. Tapi seringkali justru dialah yang mendapat
  • 12

    Feb

    Menunggu Pisang Keju

    Siang yang panas di kota Banjarmasin. Zahra yang baru bangun tidur merengek minta kue. Trus pertanyaannya kue apa? Dia bilang “AH NJu”….Apaaan tuuh?! Kue buatan Korea? Hehe bukan. Ah Nju adalah Pisang keju versi lidah Zahra yang belum begitu pandai ngomong. Mau nggak mau karena terus merengek, terpaksalah aku membelikannya. Padahal diluar puanasnya minta ampun. Sampai di tempat penjualanya, ternyata masih harus menunggu barang sepuluh menit karena belom mateng. Bingung mau ngapain. Akhirnya motorpun distarter, gas diputar dan kemudi diarahkan menuju sebuat warnet terdekat. Yach, daripada mlongo kayak Pinokio kan mendingan postingo…..hehe dipas-pasin. Tapi maaf gak sempat BlogWalking. Meski sebenarnya kerinduan yang ada begitu dalam. Bahkan saat BW beberapa hari lal
  • 13

    Aug

    Mendadak Ngilang

    Sudah beberapa minggu ini,tanpa pamitan saya menghilang dari peredaran. Bukan maksud sih, tapi laptop lagi dapat cobaan. Windowsnya error plus speedynya lupa dibayar. Hehe…maklumlah yang bertugas membayar seorang pria karir yang supaer duper sibuk. Jadi yaa…gitu deh.. Dan hari ini lagi maksa posting via laptop adik ipar. Mumpung lagi ga dibawa sama yang punya. Dan rasanya belum terlalu terlambat untuk Dyah dan keluarga mengucapkan… “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi sobat blogger yang menjalankannya. Semoga semua amalan kita diterima olehNya, semua dosa kita diampuniNya, kita mendapat keberkahan dan pahala yang berlimpah dariNya, dan akhirnya kita menjadi orang yang bertaqwa. Amiin. Dyah juga minta maaf atas semua kesalahan selama kita berteman. Kalau ada kata
  • 22

    Jul

    Majikan Aatau Ibu Kos Sih...?

    Di sebelah rumah kami, tinggal sebuah keluarga kecil dengan dua balita. Kakaknya berumur satu setengah tahun, adiknya berumur 4 bulan. Kedua orang tuanya PNS yang setiap hari nekerja, dari pagi hingga sore hari sekitar pukul tiga. Untuk menjaga kedua buah hati, mereka mempekerjakan dua pembantu rumah tangga, yang sekaligus bertugas untuk beres-beres rumah dan masak tentunya. Tapi saya heran, di rumah itu pembantu ga pernah awet. Kadang dua bulan berhenti. Kadang sebulan atau bahakan dua minggu sudah keluar. Malah ada yang lebih parah baru dua hari sudah pamit pulang. Awalnya saya pikir karena pekerjaan mereka terlalu berat. Mengurus dua balita plus pekerjaan rumah tangga. Apalagi saya mengalami sendiri, mengurus dua balita plus masih ngerjakan pekerjaan rumah itu ga mudah. Ditambah lagi j
  • 20

    Jul

    Arti Pulang Kampung Buat Seorang Dyah

    Sebentar lagi Ramadhan trus habis itu pastinya Lebaran. Semua orang yang merantau biasanya memanfaatkan momen Lebaran untuk pulang kampung alias mudik. Bahkan mereka sudah jauh-jauh hari memesan tiket entah pesawat, bus malam atau kereta api, agar tak ketinggalan momen penuh makna tersebut. Momen yang dianggap pas untuk kumpul keluarga dan saling memaafkan. Padahal sih kalau cuma mau minta maaf aja kan ga perlu nunggu Lebaran kan? Sebagai anak rantau yang sudah hampir dua tahun ga mudik, tahun ini Insyaallah saya dan keluarga saya akan mudik. Ya ke kampung saya di Ngawi, dan tentu saja ke rumah mertua di Probolinggo. Biasanya sih saya ga pernah mudik pas Lebaran. Soalnya biasanya semua kendaraan penuh sesak. Kasihan aja anak-anak kalu harus ikut berdesakan. Tapi entahlah, kali ini kami pe
  • 12

    Jul

    Legayi = Posang....?!

    Sebenarnya lagi ngantuk berat. Tapi inget sesuatu yang lucu dan sumpah setia saya(lebay mode on) untuk lebih semangat nulis, maka dibuatlah postingan ini. Ini cerita seputar kepulangan saya ke kampung mertua saya hampir dua tahun yang lalu. Saat itu Rani baru dua tahun dan Zahra lagi bertumbuh dalam perut saya. Saat itu di desa Liprak dan sekitarnya lagi musim orang mantu. Maklum aja masih bulan Syawal. Hampir setiap hari ada orang punya gawe. Dan ciri khas orang punya gawe di desa adalah memutar lagu super kenceng pakai speaker. Katanya sih sekalian buat ngundang orang yang rumahnya jauh. Tapi buat yang berdekatan, bising booo….! Pagi itu saat saya sedang nyuci di kamar mandi, sayup sayup saya dengar intro salah satu lagu India kesukaan saya. Judulnya Legayi Legayi, OST film Dil T
  • 9

    Jul

    Hadiah Terindah Di Ulang Tahun Blogdetik

    Jadi penulis adalah salah satu keinginanku. Sayangnya, keinginan cuma tinggal keinginan. Banyak faktor yang menyebabkannya. Malu kalau dibaca orang, takut dikritik, kehabisan ide dan yang paling parah….malas! Yup, malas menulis ide yang terlintas adalah penyakit terparah, yang bikin aku ga pernah berhasil jadi penulis. Tapi itu dulu. Duluuuu…..banget sebelum aku kenal yang namanya blog, blogging dan blogwalking. Terutama sebelum aku kecemplung dalam sebuah kolam yang menyejukkan bernama blogdetik. Why? Diawal aku ngeblog pun, aku tetep aja males nulis. Yang di pikiranku adalah, siapa ya yang bakalan baca tulisanku? Kemudian setelah masuk ke salah satu komunitas blogger sebuah toko buku online, dan sudah tahu yang namanya blogwalking, teteeep aja malesnya lebih sering nempel ke
  • 8

    Jul

    Dialog Sebelum Tidur

    Antara Power Rangers, Ben 10 dan Barbie Malam itu saat saya tengah menyusui Zahra, tiba-tiba Rani yang baru saja mematikan TV setelah nonton Upin dan Ipin berbisik di telinga saya… Rani : Bu…nanti kalau sudah besar Rani mau jadi dokter… Saya : Bagus…ibu seneng. tapi Rani juga mesti belajar yang pinter, maem dan minum susunya juga mesti pinter. terus, selain jadi dokter mau jadi apa lagi…? Rani : mau jadi Power Rangers..itu lo bu, seperti Bintang(nama temannya)… Saya : ??@…kenapa mau jadi Power Rangers…? Rani : Biar bisa pakai jam tangan Ben 10…eh..eh.. nggak ding…pakai jam tangan Barbie… Saya : ??@@?!!….(baca : bengong) Sindrom Upin dan Ipin Malam itu mati lampu…Zahra yang ketakutan langsung menangis. sa
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post